Experiencing Ur Journey



Ustad  Bobby Herwibowo 

Experiencing Ur Journey

Sore itu saya terima telpon dari seseorang bernama Umar (bukan nama asli). Setelah memperkenalkan diri saya mengetahui bahwa beliau adalah seorang trainer & motivator. Beliau pakar dalam bidang komunikasi.

Beliau merasa tertarik dengan konsep Metode Kauny, Menghafal Al Quran Semudah Tersenyum dan ingin tahu lebih jauh. Bahkan beliau katakan ingin sekali buat seminar bersama saya suatu saat.

Lewat pembicaraan via telpon tersebut, beliau berusaha menggali teori menghafal Al Quran semudah tersenyum. Saya yang diberi Allah metode ini hanya tahu prakteknya. Namun saya belum tahu metode ini dijabarkan secara teori ilmiah.

Maka saya katakan kepada Umar bahwa Senin pagi pukul 5 silakan lihat TVRI. Saya tampil di sana secara rutin mengajarkan metode Kauny ini secara live. Saya persilakan Umar untuk menyaksikan dan beri tanggapan atas metode ini.

Hari itu saya tampil di TVRI secara live. Saya masih ingat saya ajarkan beberapa ayat surat Al Haqqah kepada pemirsa. Saya bacakan ayat nya, ditambah dengan gerakan tangan untuk memudahkan proses menghafal dan sekaligus memahami ayatnya.

Setiap kali saya mengisi acara live di TVRI itu, selalu saja telpon di studio berdering. Banyak sekali telpon yang masuk dari pemirsa. Mereka semua menyetorkan hafalan dan memberi kesan bahwa mereka merasakan teknik menghafal Al Quran yang amat mudah. Bahkan berikut artinya sekaligus.

Pagi itu saya ingat belum selesai saya ulang-ulang satu ayat dari surat Al Haqqah yang saya ajarkan kepada pemirsa. Lalu masuklah sebuah telpon dari seorang ibu berusia 73 tahun dari Sulawesi Selatan. Beliau menyetorkan hafalan. Dengan nada senang dan mengucap terimakasih berkali-kali via telpon. Dan di ujung, beliau menangis haru sebab bisa berjumpa metode menghafal Al Quran yang begitu mudah menurutnya.

Di belakang ibu itu,  ada belasan atau malah puluhan telpon lagi yang masuk. Dan produser acara tersebut pun begitu senang dengan respon dari para pemirsa.

Sepulang dari studio TVRI, saya terima telpon dari Umar. Beliau minta saya bertemu segera di sore hari dan kita sepakat berjumpa di sebuah tempat.

Umar membuka pembicaraan betapa beliau bahagia sekali melihat metode Kauny secara live di TVRI tadi pagi. Sebagai pakar komunikasi beliau memberi tahu saya tentang teori berikut ini.

"Apa yang Usbob sampaikan tadi pagi luar biasa. Dalam teori penyampaian pesan kita bisa gunakan banyak tools dan masing-masing akan bisa diserap oleh audiens dengan prosentase yang berbeda-beda.

Jika pesan disampaikan secara AUDIO atau suara, maka biasanya yang diserap oleh otak maksimal 10%. Ceramah, pidato dan lain-lain misalnya. 60 menit bicara via audio, yang mampu diserap otak maksimal hanya 6 menit saja.

Selanjutnya jika pesan disampaikan secara VISUAL, seperti lewat gambar, video dan sejenisnya. Otak lebih menyukainya dan ini bisa diserap otak sampai 50%. Misalnya kita menonton sebuah film yang menarik, maka kita akan mampu menceritakannya kembali film tersebut kira-kira 50%.

Nah... yang saya perhatikan tadi pagi Usbob mampu menghadirkan hafalan Al Quran secara audio-visual. yang kira-kira minimal 60%. Bahkan lebih dahsyat nya lagi karena menggunakan gerakan atau isyarat tangan, maka orang bisa merasakan dan mengalami. Saya menyebutnya ini adalah EXPERIENCING. Dan pesan yang disampaikan dengan metode ini bisa diserap oleh audiens 100%.

Jadi metode ini menggabungkan metode audio, visual dan experiencing sekaligus. Pantas saja orang bisa begitu mudah menghafalnya. Dan kualitas hafalannya amat sulit terlupakan" pungkasnya.

Saya berterima kasih kepada Umar saat perjumpaan itu. Terus  terang saya tidak pernah membuat metode ini. Namun, satu hal yang saya syukuri bahwa apa  yang disampaikan Umar sudah sering saya dengar dari banyak orang yang merasakan kemudahan metode Kauny ini.

Mereka tidak hanya memeras otak untuk  hafalkan ayat Al Quran. Namun mereka bisa merasakannya dan mengalaminya, sehingga begitu akrab dan mudah diserap.

Segala puji bagi-Mu ya Rabb.

Wassalam,

Usbob

Ikuti training Menghafal Al Quran Semudah Tersenyum bersama Usbob 13-15 Oktober 2023 di Saung Dolken Resort, Bogor.

Https://wa.me/6281212981641

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama